Minggu, 10 Maret 2013

Salah Paham Pengetahuan & Sains (Vol. 2: Makhluk Hidup)



Setelah kesalah pahaman dari bidang tata surya, kini beralih ke makhluk hidup. Langsung saja.

5. Tumbuhan bernafas dengan menghirup Karbon Dioksida

Ya, hampir semua sekolah dasar mengajarkan muridnya kalau tumbuhan bernafas dengan menghirup Karbon Dioksida. Tapi ini salah besar! Hampir semua makhluk hidup di bumi dari mikroba, cacing, ganggang, lumut, manusia, hewan, dinosaurus, dan juga tumbuhan, semuanya bernafas dengan menghirup Oksigen.
Salah paham ini terjadi pada kalimat "Bernafas" dan "Berfotosintesis", jika ditanya tentang fotosintesis, jawabannya adalah ya, Karbon Dioksida yang dihirup, tetapi tidak lupa dengan Air dan Cahaya. Tetapi saat bernafas ia tetap menghirup Oksigen.

6. Ikan Mas hanya memiliki ingatan 3 detik.

Sayannya salah, buktinya banyak sirkus dengan ikan dari daerah asia timur yang menampilkan ikan mas yang terlatih untuk melakukan gerakan dan tarian tertentu.

7. Anjing melihat dunia dengan hitam-putih (monochrome)

Hanya karena ketika kita bermain dengan anjing dan melempar bola ke arah rumput (bola mainan anjing biasanya berwana merah), dan anjingmu bertingkah seperti tidak melihat bola, bukan berarti anjing tidak bisa melihat warna. Tapi anjing memang buta warna, hanya buta warna merah.
Jadi dia hanya bisa melihat warna biru dan kuning saja. Bola dan Rumput akan terlihat sama-sama berwarna kuning, dan karena itu anjingmu tidak bisa menemukan bola merahmu.


8. Kelelawar itu buta.

Sayangnya salah juga, mata kelelawar berfungsi dengan baik. Tetapi dalam keadaan tanpa cahaya, kelelawar tidak menggunakannya, melainkan menggunakan telinganya untuk menentukan lokasi benda dengan kemampuan sonarnya. Tidak menggunakan mata di kegelapan bukan berarti buta kan?

9. Burung unta itu penakut.

Mungkin karena serin menonton film kartun yang menunjukan burung unta selalu menyembunyikan kepalanya kedalam tanah ketika ada masalah. Tapi ini salah besar. Burung unta terkenal agresif, dan... pelari yang handal, tendangan yang kuat dan serangan patukan yang cukup keras. Mungkin bukan burung unta lagi yang penakut jika bertemu manusia, larilah seperti pengecut karena ia bisa mencapai 70 km/jam.

10. Evolusi membuat makhluk lebih canggih & kompleks.

Sayangnya kebalikan, jika dilihat dari moyangnya, evolusi membuat makhluk lebih simpel. Seperti makhluk-makluk modern yang jika dibandingkan dengan makhluk purba yang berukuran besar, mempunyai sistem pencernaan dan pernapasan yang lebih rumit, rangka dan kulit yang lebih kuat. Dibanding dengan cicak yang sangat lemah, tetapi dengan kesederhanan bentuk dan sistem tubuhnya ia bisa bertahan sampai sekarang.
Karena dalam evolusi makhluk hidup lebih mungkin kehilangan gen daripada memunculkan gen baru.

11. Dinosarus pernah hidup bersama manusia.

Hmm, jenis dinosaurus atau kadal besar terakhir telah punah sekitar 65 juta tahun yang lalu, sedangkan manusia pertama atau homo sapiens pertama muncul sekitar 130 ribu tahun yang lalu. Sangat jauh.



Misconception Series bersambung ke tema tubuh & kesehatan di vol. 3

4 komentar:

  1. Tidak semua mikrobia bernafas dengan menghirup oksigen. Pada golongan bakteri anaerob, proses respirasi tidak membutuhkan oksigen. Hal ini terkait dengan jenis akseptor elektron pada proses respirasi setiap makhluk hidup dalam pemecahan senyawa komplek untuk menghasilkan energi.

    BalasHapus
  2. TAMBAHAN : tumbuhan mendapatkan sebagian besar massanya (batang pohon) dari karbon dioksida bukan dari asupan makanan dari tanah. (sumber : veritasium)

    apakah kuning yang dilihat anjing sama seperti kuning yang kita lihat, apakah kuning kita terlihat merah di mata mereka?? ( vsauce )

    nb."WOKK senangnya saya ada blog yang menuliskan tentang ketertarikan saya. sudah lama saya cari channel seperti ini. update terus bro!"



    BalasHapus
    Balasan
    1. oke terimakasih tambahannya.
      ada tambahan lagi nih, manusia bisa membedakan warna merah dan hijau itu karena faktor mutasi genetik, pada dasarnya hampir semua mamalia itu buta warna merah-hijau :)

      Hapus
  3. Ia anak saya selalu di anggap salah klo menjawab karbondioksida jd memang gurunya bilang tumbuhan menghirup oksigen

    BalasHapus