Sabtu, 10 Desember 2011

Byte & Bit. Masalah?

Di komputer ada 2 satuan untuk menyatakan suatu ukuran, Bit dan Byte. Walau namanya mirip tapi ternyata ini beda jauh. Bit digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan benar atau salah saja. Dan Bit hanya terdiri dari 2 karakter, yaitu 0 dan 1. Berdasarkan bahasa Bit singkatan dari Binary Digit, atau digit yang terdiri dari bilangan biner.
Sedangkan Byte adalah suatu satuan karakter, bagi yang belum tahu karakter itu bisa berbentuk huruf, angka, dan simbol, atau sebuah warna. Satu karakter tidak mungkin bisa dibentuk dengan hanya digit biner saja, ada total 255 karakter untuk standar satuan 8 bit yang berisi huruf kecil, huruf besar, angka dan simbol dan kesemuanya butuh 8 digit bit, karena 255 dalam desimal sama dengan 11111111 dalam biner, dan itu yang membuat 1 Byte = 8 Bit.

Tapi ini malah disalahgunakan oleh beberapa perusahaan penyedia koneksi internet. Yang mereka tulis adalah satuan dalam Bit, bukan Byte. Sedangkan satuan umum di komputer untuk menentukan besar file adalah Byte. Mereka menulis 512 kbps. Harap diingat, Byte memiliki simbol B (huruf b besar) dan Bit memiliki simbol b (huruf b kecil). Berarti yang mereka sebut 512 kbps hanya mampu mendownload dengan kecepatan 64 KBps dalam satuan umum.

Jadi mohon diingat, 1 Byte = 8 bit.
dan itu berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar