Jumat, 18 Maret 2016

Salah Paham Pengetahuan & Sains (Vol. 9: Anatomi)


Entah kenapa akhir-akhir ini temanya makhluk hidup semua, tapi jangan karena bosan jadi menutup bahasan ya, oke sekarang lanjut ke tema kesalah pahaman dari anatomi makhluk hidup.


46. Kotiledon ≠ Keping biji

Dikotil & Monokotil merupakan singkatan dari Di-kotiledon & Mono-kotiledon. Hampir semua guru di sekolah mengajarkan kalau kotil itu adalah jumlah keping biji, padahal bukan.
Kotil adalah daun lembaga, atau bakal daun pada embrio di biji. Kotil juga bisa dibilang daun kecambah, dan bentuknya bisa jauh berbeda dengan daun sejati pertama.
Kotil (lebar) dan Daun tumbuhan Jarak (by Rickjpelleg)

47. Akar Tunggang & Serabut.

Definisi klasik menyatakan kalau akar tunggang adalah akar yang memiliki satu buah batang akar yang menancap jauh ke arah bawah tanah, dan akar serabut adalah akar yang menyerabut ke segala arah.
Sebenarnya yang membedakan akar tunggang adalah adanya "batang akar" atau tidak. Baik tumbuhan Eudikot & Monokot semuanya memiliki akar serabut, bedanya akar serabut Monokot tumbuh dari pangkal batang dan/atau ketiak daun, sedangkan akar serabut Eudikot tumbuh di segala penjuru "batang akar".
Secara singkat, akar tunggang adalah yang ukurannya besar dan bisa bercabang-cabang.

Satu lagi kesalah pahaman, tumbuhan Eudikot yang dikembang biakan dengan cangkok hanya akan mengeluarkan akar serabut. Sebenarnya kenyataannya, hampir semua akar yang tumbuh akan menjadi akar tunggang, tidak seperti pertumbuhan dari biji yang memiliki satu batang akar utama, hasil cangkok memiliki banyak batang akar/akar tunggang menuju ke segala arah.


48. Kaki kuda

Kuda, keledai, juga sapi, kambing dan sejenisnya, secara anatomi tidak berjalan dengan "kaki"-nya. Karena secara anatomi, kaki adalah bagian dari tumit sampai jari. Dan kuda, tidak pernah menapakkan kakinya ke tanah untuk berjalan. Yang digunakan kuda untuk berjalan adalah kukunya, mereka menggunakan jarinya untuk berjalan.

Pernah ingat ciri-ciri vertebrata di sekolah dasar? Salah satunya adalah memiliki kaki berjari lima. Sedangkan kuda, memiliki total empat buah jari. Tidak empat untuk setiap kakinya, tapi empat buah jari untuk seekor kuda, dengan masing-masing kaki hanya memiliki sebuah jari.

img: Horse Skeleton Ivy Livingstone/Biodidac & Human Skeleton: My Cyberwall



49a. Dimanakah bunganya?

Bisakah kamu tunjukan sebuah bunga dari bunga matahari?
img: wiki/Metalhead64
Kalau kamu menunjukan ini, kamu salah besar!

Sebuah bunga, saya ulangi, sebuah bunga dari bunga matahari adalah ini:

Bunga matahari adah salah satu contoh dari bunga majemuk satu tandan "bongkol" berisi bunga-bunga kecil, contoh lainnya adalah bunga dari keluarga talas-talasan atau keladi-keladian. Satu buah "tongkol" bunga sebenarnya berisi ratusan mungkin ribuan bunga kecil di dalamnya.

img: Wiki/JJ Harrison
Spathiphyllum cochlearispathum (bakung), tipikal bunga keluarga talas-talasan. Tongkol bunga terdiri dari banyak bunga-bunga kecil.



49b. Dimana bunganya buah Tin?

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, semua jenis tumbuhan yang berbuah (tidak termasuk yang berbiji terbuka) pasti memulai membuat bunga sebelum menjadi buah. Tapi, apakah kamu pernah melihat bunga dari Pohon Tin? Apakah kamu berfikir kalau pohon Tin tiba-tiba menumbuhkan buah sampai matang tanpa melewati fase berbunga terlebih dahulu? Apakah pohon Tin termasuk tumbuhan berbunga (Angiosperm)?

Sebenarnya, yang kamu sebut sebagai buah Tin adalah buah semu, atau bukanlah buah yang sebenarnya, melainkan organ dari bunga Tin, berfungsi sebagai pangkal setiap tangkai bunga sama seperti bongkol pada Bunga Matahari atau tongkol pada Talas & Keladi, dan untuk pohon Tin disebut sebagai "periuk". Tapi tidak seperti Bunga Matahari dan Talas yang bunganya berada diluar bongkol dan tongkol, bunga Tin berada di dalam periuk.
Bunga periuk & buah Tin,  img: ©Sandra Danby,
selengkapnya: http://notesonaspanishvalley.com/2013/11/04/figs-a-tri-partite-split/

Lalu mungkin kamu bertanya "Bagaimana polinasinya kalau bunganya tersembunyi?", karena itulah kamu tidak pernah melihat buah Tin yang matang tanpa ada serangga yang mengerubunginya saat periuknya masih mentah. Biasanya bunga Tin dipolinasi oleh sejenis tawon berukuran kecil. Kalau kamu perhatikan, buah/bunga periuk Tin memiliki lubang atau mulut diujungnya. Bunga jantan berada di dekat mulut periuk disitulah tempat dimana tawon keluar-masuk untuk mencari nektar, sedangkan bunga betina mengisi semua rongga di dalam periuk.

Siklus Bunga dan Tawon polinasi Tin, img Ivy Livingstone/Biodidac

Dan untuk menjawab pertanyaannya: ya, Tin adalah tumbuhan berbunga, Eudikot, dan menghasilkan biji yang dilindungi oleh buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar