Rabu, 04 September 2013

BOSS BD-2 Blues Driver mod: Ver.2 Final

BOSS BD-2 SEXYMOD! V.2 (final)
codename: Blue River Mod


For Indonesian language please scroll down below.
Untuk tulisan berbahasa Indonesia silakan scroll ke bagian bawah.


After succeed moding BD-2 with tight bottom and loose highs but less harsh, which named BD-2 SexyMod!, about a month ago I tried to modifying it again. And after a bunch of experiment, now I finally finishing this modification of Boss Blues Driver, now with more smooth and more thick mod, not just that, I offer you more option for your own tone shaping option. Since stock BD-2 sound so fuzzy when gain pot set maxed, but too harsh when gain set at noon. Now I call it Blue River Mod.

Okay, lets look at the clone version of schematic offered by http://gaussmarkov.net, this is true bypass version and without input and output buffer, but this schematic is totally based on original BD-2.

(click for larger pic)

First thing, we must make the input section better. C14 (not on the schematic above) is input buffer cap, 47n is a little low value, and you will notice some of low frequency loss. Make this bigger, 100n is enough, but if you want to make it sure no tone loss, you could use higher value like 220n or so. But I personally use 100n.


After input buffer, you are entering the first gain stage, which is basically jfet emulation of tube amp distortion. For my ears, jfet distortion is more interesting than bipolar transistor, it has rich harmonic and basically they do distortion like mosfet and tube. You can replace it if you want to change the distortion characteristic with other jfet or mosfet, but make sure the pinout is matched. But, for me, I like this transistor (A1049 / A1335) because it has a ton of gain and low noise too. I just change C22 to 100n for less fuzzy and more crunchy.

After first gain stage you are entering tone stack that look like classic fender tonestack with bass set to full, and mid & treble set at minimum. Those part was C26, C34, C35, R36, R37, R50 & R51. This resulting a fuzzy distortion because of boosting too much bass at 70 hz of 15 db!
I have three option for you:
- If you like balanced tone for pre-distortion eq, change R50 to 82k and R51 to 22k
- If you like more saturated and boost at mid-low freq (at 200hz, useful if you use single coil), change C35 to 8n2 and R51 to 22k
- If you want more natural clipping and want flat pre-eq (will create crispy distortion), change R50 to 22k and R51 to 22k
Then move to diode clipping, but in fact, this doesn't affect so much your distortion and tone (unless you using booster before it) because BD-2 use jfet for its distortion, even you remove all of that you won't hear so much different, there is just so tinny difference, just a bit of signal clipped here. So I remove all of the diodes mo make sure it will giving more signal to transistor at second gain stage to distorted. And then I add a 4n7 capacitor (you can use 1n - 10n depend on your taste) in place of diode for smoothing signal before entering the second gain stage. You can also add a single diode (1N400X silicon will create hard clipping and slightly more noticeable difference than other diode) if you want slightly more asymmetrical clipping. Like D9 & D10 replaced with 4n7 capacitor and D7 & D8 with 1N4002 diode.

Next you entering second gain stage, this is where distortion really created, and this part is similar to first gain stage. And like first gain stage, you could change the trasistors, but I didn't do that because I like it. And just like first stage, there is a capacitor to change, but I decrease the value for this stage, I change C24 to 1.2uF for more fatness.

Now, the distortion is really created, and all you have to do is shaping it with tone control. With stock value, this is just treble cut control. I didn't like it, I want more useful tone control that can boost and cut treble more effective. Here my option:
- For flat tone at noon, and tone control act as treble cut-boost, change:
R26 to 10k, C17 to 56n & C19 to 3n3
- For more bottom-end at 300 hz of flat tone above, try to change:
R26 to 10k, C17 to 56n in parallel with 4k7 resistor, C19 to 3n3 & C100 (below tone pot) keep 18n and parallel it with 5k6 resistor.
- For warm TS like tone with more bass present, change:
R26 to 10k, remove C17 (don't jumper it) & C19 to 3n3.

 After tone and volume control you can find a capacitor labeled C10, and like input buffer, it will cut some bass. Try make it bigger, I use 100n as replacement.

And the last, D1 & D3, which is not a diode clipper. But if you change it you could hear different of harmonic. Change it to red LED and you can get softer harmonic tone, but I better like to replace one of those diode (just D3) with rectifier diode (1N4002), this will give asymmetric response for opamp and create more 2nd order harmonic.

That's all mod I did with my BD-2, you can use switch for changing one of three option for pre distortion tone and tone control response for more unique sound. Hope you'll like it. Thanks!



Creative Commons License
Blue River Mod by Aziz Abdurachman is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 3.0 Unported License.
##############################################
##############################################





BAHASA INDONESIA

Setelah sebulan percobaan, akirnya saya berhasil menyelesaikan modifikasi Boss Blues Driver, yang lalu memiliki nada rendah dan nada tinggi yang rapat dan tebal, yang disebut dengan BD-2 SexyMod! sekarang menjadi lebih lembut dan lebih tebal, tidak hanya itu, saya juga memberikan beberapa pilihan untuk membentuk tone. Karena versi pabrian dari BD-2 terlalu fuzzy (ga jelas nadanya) di posisi drive maksimal, dan terlalu kasar dan tajam di drive posisi tengah. Sekarang saya menamakannya Blue River Mod.

Lanjut, mari lihat skematik dari kloningan BD-2 dari http://gaussmarkov.net, ini versi true bypass nya, tanpa input dan output buffer, tapi intinya semua part nilainya sama dengan BD-2 yang asli.

(klik untuk memperbesar)

Pertama, perhatikan bagian input, C14 sebagai input buffer (ga ada di skematik diatas) yang nilainya cukup kecil, yaitu 47n, dan akan mengakibatkan kekurangan respon di nada rendah. Buat ini lebih besar, saya menggunakan 100n, dan saya rasa ini sudah cukup. Tapi kalau kamu mau lebih yakin, kamu bisa menggunakan yang lebih besar seperti 220n.

Lalu setelah input buffer ada bagian gain pertama, yang berdasarkan emulasi amplifier tabung dengan jfet transistor. Sebagai catatan, menurut saya distorsi yang dihasilkan jfet lebih menarik daripada transistor bipolar, dan kaya akan harmonic distortion yang bisa mendekati distorsi yang dihasilkan ampli tabung. Kamu bisa mengganti transistornya dengan transistor yang memiliki gain lebih rendah atau lebih tinggi dari A1049 / A1335 yang digunakan disini. Tetapi saya lebih memilih untuk membiarkannya karena transistor tersebut memiliki gain yang cukup tinggi dan sedikit noise. Juga untuk C22, saya menggantinya dengan 100n untuk mengurangi nada yang fuzzy dan lebih crunchy.

Setelah gain bagian pertama, kamu memasuki tumpukan tone control yang menyerupai tone control pada ampli fender, tapi dengan bass pada posisi penuh sedangkan mid & treble pada posisi minimum. Hasilnya ada penambahan nada di 70hz sebanyak 15 db. Ini yang mengakibatkan distorsi yang fuzzy di BD-2. Saya memberikan beberapa pilihan untuk ini:
- Jika kamu suka distorsi yang lebih seimbang di nada tinggi dan rendah, coba ganti R50 menjadi 82k dan R51 menjadi 22k.
- Jika kamu ingin lebih tebal di nada rendah (baik jika menggunakan single coil), coba ganti C35 ke 8n2, dan R51 menjadi 22k.
- Jika kamu mau clipping yang lebih natural dan rata tanpa terlalu banyak mengusik tone sebelum distorsi, ganti R50 menjadi 22k dan R51 menjadi 22k.
Lalu bergeser lagi ke dioda pemangkas (aneh ya? diode clipping), tapi nyatanya dioda tersebut tidak berpengaruh banyak pada pemangkasan nada (kecuali kamu menggunakan booster), karena BD-2 menggunakan jfet untuk mendistorsi sinyal. Bahkan jika kamu melepas semuanya kamu tidak akan mendengar banyak perubahan, hanya sedikit saja dari ujung gelombang yang akan terpangkas. Jadi di bagian ini saya lebih memilih melepas semua dioda untuk memastikan sinyal hanya tercipta dari transistor. Kamu dapat menggantinya dengan kapasitor kecil antara 1n - 5n6 untuk memperhalus nada. Ini juga berfungsi menurunkan noise yang berada di nada tinggi. Selain itu jika kamu mau pemangkasan yang asimetris, kamu bisa mengganti sepasang dioda dengan sebuah dioda penyearah (1N400x). Jadi mungkin seperti ini, D7 & D8 menjadi dioda 1N4002 dan D9 & D10 menjadi kapasitor 4n7.

Lalu sinyal akan memasuki bagian gain kedua, disini adalah tempat dimana distorsi tercipta. Dan bagian ini terlihat mirip dengan gain bagian pertama. Dan seperti yang pertama, kamu bisa menggantinya, tetapi saya memilih untuk tidak melakukannya. Seperti yang pertama, saya mengganti salah satu kapasitor, yaitu C24, tapi tidak menaikannya melainkan menurunkannya. Saya mengganti C24 ke 1.2uF menambah kegemukan nada agar tidak terasa terlalu tipis.

Sekarang nada sudah terdistorsi, dan kamu tinggal membentuk tone nya, yaitu dengan tone control. Pada dasarnya kontrol ini hanyalah berfungsi sebagai penurun nada rendah saja. Disini yang saya kurang suka, saya menggantinya hingga bisa menjadi penambah nada tinggi di knob posisi maksimal, rata/normal di posisi tengah dan lebih gelap di posisi minimal. Berikut pilihan yang saya berikan:
- Untuk tone control yang rata di posisi tengah, ganti:
R26 ke 10k, C17 ke 56n & C19 ke 3n3.
- Jika ingin seperti yang diatas tetapi dengan nada rendah yang lebih menggelegar, gantilah:
R26 ke 10k, C17 ke 56n di paralel dengan resistor 4k7 & C19 ke 3n3, dan C100 (di bawah tone control) paralel dengan resistor 5k6, tapi jangan ganti kapasitornya.
- Jika ingin nada yang warm, seperti tone pada keluarga besar TS, tetapi tanpa kehilangan nada rendah, coba ganti:
R26 menjadi 10k, cabut dan biarkan C17 kosong, dan ganti C19 ke 3n3.
 Setelah kontrol tone dan volume, ada kapasitor yaitu C10, ukurannya juga kecil, seperti input buffer, ini akan mengakibatkan sedikit penurunan pada nada rendah, saya menggantinya dengan 100n, tapi kamu boleh menggantinya dengan ukuran yang lebih besar.

Lalu yang terakhir, ada D1 dan D3, walaupun bukan dioda pemangkas, tapi ini berpengaruh pada nada yang dihasilkan, terutama pada nada harmoninya. Jika kamu mengganti dengan LED merah, kamu akan mendapat harmoni yang lembut, jika kamu menggati salah satunya dengan dioda penyearah, kamu akan membuat respon pada opamp terakhir yang asimetris dan akan mendapatkan harmonik kedua yang lebih terdengar, saya mengganti D3 dengan 1N4002.

Yaa, itulah modifikasi yang saya terapkan. Kamu bisa menggunakan switch untuk mengganti beberapa tone yang saya berikan. Dengan 3 pilihan pada masing masing kontrol sebelum dan sesudah distoris. Kamu bisa memiliki tone unik untuk kamu sendiri. Selamat menikmati modifikasi yang saya berikan.


Lisensi Creative Commons
Blue River Mod oleh Aziz Abdurachman disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribusi-NonKomersial 3.0 Tanpa Adaptasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar