Minggu, 09 Juni 2013

Wujud Zat Ada 3? - Misconception #30



Kembali lagi dengan serial salah paham, maaf untuk delay yang cukup lama, dan mungkin mulai post ini Misconception Series bakalan ngebahas satu poin setiap post aja, biar ga kecapean baca yang panjang-panjang.


30. Wujud Zat Ada 3?

Ini sebenarnya bukan kesalah pahaman, tetapi jika untuk indonesia 500 tahun yang lalu, dimana wujud yang diketahui baru hanya padat, cair dan gas saja., tidak untuk sekarang. Wujud zat seharusnya ada 4 dan sudah harus diajarkan sejak sekolah dasar, yaitu Padat, Cair, Gas dan Plasma.

Coba lihat bagan berikut:
Disitu sudah saya gambarkan tentang 4 wujud fundamental, dimana bentuk plasma diketahui dapat terjadi jika gas mendapat energi yang sangat tinggi untuk dapat terionisasi. Hmm, sebelumnya kita bahas dulu masing-masig wujud tersebut.

- Padat, adalah fase dimana ikatan antar molekul sangat kuat dengan struktur yang (hampir) teratur, jarak antar molekul yang rapat, sehingga hampir sulit untuk pergeseran atom dan memiliki bentuk yang tetap.


- Cair, adalah fase ketika molekul masih memiliki ikatan yang lemah, jarak antar molekul hanya sedikit lebih jauh dari padat, sehingga masih bisa terbentuk seperti gumpalan atau tetesan.

- Gas, lebih dari cair. Jika cair masih memiliki ikatan yang lemah, di fase gas ikatan antar molekul sangatlah kecil, sehingga jarak antar molekul sangatlah jauh, tidak seperti cairan, gas bisa hampir selalu bisa bergerak sangat bebas kemanapun.

- Plasma, adalah suatu keadaan dimana molekul, atau lebih tepatnya pada atom kehilangan ikatan antara inti atom dan elektron, yang menyebabkan elektron lepas dari masing-masing atom dan membentuk lautan elektron di sekitar inti atom. Fase ini, untuk saat ini hanya diketahui dapat dilakukan dengan melakukan ionisasi pada molekul pada fase gas.

Plasma sebenarnya ada dimanapun, petir, cahaya yang dihasilkan lampu tabung neon, bola plasma yang sering digunakan penyihir di film, bahkan Matahari yang biasanya kita kenal dengan "bola gas yang berpijar" itu sebenarnya kurang tepat, karena matahari adalah wujud nyata dari gumpalan plasma yang terdiri dari inti atom Hidrogen dan Helium. Zat yang mengisi angkasa (diluar gravitasi bumi/planet) juga hampir semuanya dalam fase plasma, bukan gas.

 (credit: plasma lamp & lightning)

Tapi selain 4 wujud atau fase dasar tersebut, ada lagi yang lainnya seperti: Kristal Padat, Kristal Cair, Superfluid, dan beberapa lainnya yang sepertinya tidak terlalu perlu untuk dipelajari terlalu mendalam karena merupakan turunan dari salah satu dari empat wujud fundamental diatas.

Jadi kenapa di sekolah masih menggunakan 3 wujud benda?



Terimakasih telah membaca, dan serial ini masih bakal lanjut terus...

2 komentar: